Home › News & Event
29 Februari 2012 04:31 WIB
Apa Yang Harus Dilakukan Sesaat Setelah Melahirkan

Kelahiran adalah saat yang ditunggu-tunggu. Kendatipun mengalami rasa sakit yang tidak mengenakkan, saat melihat buah hati yang ditunggu telah lahir sang ibu segera melupakan sakitnya itu.

Nah, hal penting apa yang bisa dan biasa dilakukan ibu sesaat setelah melahirkan?

Sentuhan sayang pertama. Sesaat setelah bayi dilahirkan suster akan mendekatkan bayi kepada Anda, tentunya setelah dibersihkan. Inilah kesempatan buat Anda untuk memberikan sentuhan pertama. Maka dekaplah bayi Anda. Suara detak jantung Anda akan mengingatkannya ketika dalam kandungan, sehingga kendatipun dia telah berada pada lingkungan yang berbeda ia akan tetap merasa aman. Bisikkanlah suara-suara sayang dengan lembut, agar bayi mengenalnya. Jika anda melahirkan secara caesar mungkin anda belum bisa mendekapnya, tidak apa-apa. Mintalah suster untuk mendekatkan ke pipi dan hidung Anda agar Anda bisa menciumnya.

Perhatikan kondisi bayi. Pada jam-jam pertama sejak bayi dilahirkan ia akan tampak kecil dan lemah. Biasanya berat badan bayi ukuran normal yaitu antara 2,5–3,5kg dan panjang idealnya antara 48–50cm. Jika berat badan bayi kurang dari 2,5kg bayi dikategorikan prematur. Adakalanya bayi yang baru lahir akan tampak sedikit lebih buruk dari yang anda impikan. Jangan risau, karena pada saat ini kondisi bayi memang masih fleksibel. Seperti kepala, akan mengikuti bentuk leher rahim anda ketika dilahirkan. Sedangkan bentuk kaki jika dibandingkan kepala mungkin tidak simetris. Hal ini disebabkan ruang gerak bayi yang kurang leluasa, sehingga menyebabkan kaki bayi menekuk selama dalam kandungan. Pipipun akan tampak memerah dengan mata yang selalu tertutup dan tampak seperti bengkak. Tidak perlu kawatir melihat penampilan fisik bayi, semua ini normal adanya.

Perhatikan ciri-ciri bayi. Setelah suster menyebutkan bayi anda laki-laki atau perempuan, anda juga harus melihat bentuk fisiknya yang benar menunjukkan ciri-ciri laki-laki atau perempuan. Juga rambut, jarang atau lebat, lurus atau ikal. Hal ini untuk menghindari adanya kemungkinan bayi tertukar. Atau mungkin ada ciri-ciri lain yang mencakup tanda-tanda yang dibawa sejak lahir.

Memendam keinginan. Setelah melahirkan adakalanya ibu mengalami keletihan yang sangat. Entah karena pengaruh proses kelahiran yang lama atau karena pengaruh obat bius jika anda melahirkan secara caesar. Bahkan rasa sakit pada bagian-bagian tertentu kadang masih jelas terasa. Untuk itu menunda keinginan bersama bayi merupakan pilihan yang tepat. Berikan kesempatan pada tubuh anda untuk beristirahat. Toh anda bisa bersama bayi pada jam-jam lainnya.

Segera berikan ASI. Jika memungkinkan anda bisa langsung memberikan ASI (air susu ibu). Karena ASI pertama banyak mengandung kolostrum yang kaya akan zat untuk kekebalan tubuh bayi. Meski demikian kondisi masing-masing orang berbeda. Ada juga ASI baru keluar setelah tiga hari setelah melahirkan. Kapanpun keluarnya ASI tidak masalah, yang penting segera susui bila ASI keluar.

Bergabung dengan
Club Bintang Anmum
Dapatkan info event terkini
Konsultasi dengan dokter ahli
Berbagi diforum dengan bunda
Informasi program terkini

Bintang Anmum
@bintanganmum