Minggu ke-41

Apa yang terjadi pada janin:
Panjang tubuhnya sedikit lebih dari 50 cm. Janin terus berkembang dan beratnya sudah mencapai kira-kira 3.6 kg. Janin sebenarnya senang saja tetap tinggal di dalam rahim tapi untuk keamanan Anda dokter biasanya akan menginduksi bila minggu depan Anda tak juga bersalin. Bahkan bisa lebih cepat jika ada masalah. 


Kebanyakan dokter tidak akan mengijinkan Anda menunggu hingga dua minggu selewat tanggal perkiraan lahir. Jika dibiarkan justru akan meningkatkan risiko komplikasi pada Anda dan juga janin. Sekitar 5 sampai 6% ibu hamil belum juga bersalin selewat tanggal perkiraan kelahiran. Janin yang dilahirkan diatas usia kehamilan 42 minggu akan mengalami pengeringan kulit dan kadang mengalami kelebihan berat.


Sementara buat ibu hamil, berisiko mengundang infeksi di rahim yang pastinya membahayakan janin. Ibu hamil dan janin juga berisiko mengalami luka persalinan (jika persalinan normal), dan meningkatkan peluang bagi ibu hamil untuk menjalani caesar.

 

Apa yang terjadi pada ibu:
Sangat sulit untuk tidak merasa cemas, jika hari persalinan tak kunjung datang. Tapi jangan kuatir, toh Anda takkan hamil selamanya. Minggu ini adalah kesempatan datangnya waktu persalinan itu, dan jika tidak datang juga, di minggu ke-42 Anda akan diinduksi.


Metode dokter kandungan melakukan induksi bergantung dari kondisi leher rahim Anda. Jika leher rahim Anda belum juga matang, maka Anda juga takkan diinduksi. Dokter akan menggunakan metode mekanis atau hormonal untuk merangsang leher rahim Anda matang, sebelum menginduksi. Bergantung pada kondisi juga, mungkin dokter akan memecahkan kantung ketuban atau menggunakan obat seperti oksitosin untuk memulai kontraksi. Jika semua metode itu tak berjalan, maka pilihan terakhir adalah caesar (c-section)


Sementara itu, beritahu segera dokter atau segera pergi ke rumah sakit jika pergerakan janin melambat atau ada cairan keluar dari vagina Anda.

 

Tahukah Anda?
Ketika bayi mencari-cari puting Anda dalam proses Inisiasi Menyusu Dini (IMD), otaknya yang sedang berkembang dalam kondisi ‘lapar’ selapar perutnya yang menginginkan semua nutrisi yang ada dalam ASI. Cairan esensial ini membantu terjadinya koneksi antar sel otak sehingga ia dapat belajar dengan cepat. Betapa mengagumkan bagaimana ASI ternyata mengandung begitu banyak nutrisi yang diperlukan bayi. Tapi Anda juga tak ingin kehilangan nutrisi dari apa yang Anda konsumsi, karenanya minumlah Anmum Lacta dua gelas sehari. Mintalah sampel gratis di sini!

Bergabung dengan
Club Bintang Anmum
Dapatkan info event terkini
Konsultasi dengan dokter ahli
Berbagi diforum dengan bunda
Informasi program terkini

Bintang Anmum
@bintanganmum