Home › Fakta & Mitos
07 April 2012 23:36 WIB
Yang Tidak Boleh Dilakukan Wanita Saat Hamil

Kehamilan, meskipun tidak sama dengan orang yang sedang sakit, akan tetapi ada hal-hal yang harus dijaga dan ada pula hal-hal yang tidak boleh dilakukan. Hal-hal yang harus dijaga berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi dan menjaga kesehatan itu sendiri. Sedangkan hal-hal yang tidak boleh dilakukan berkaitan dengan dampak maupun resiko yang dapat berpengaruh terhadap kehamilan itu sendiri.

Untuk itu ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan oleh wanita hamil, diantarannya adalah:

Menahan kencing.
Entah karena kesibukan atau keinginan untuk kencing yang terlalu sering adakalanya seseorang merasa malas untuk ke kamar mandi. Alhasil ia akan menunda keinginan untuk itu. Tahukah anda menumpuknya kotoran dalam waktu lama dalam kandung kencing  dapat mengakibatkan berkembangbiaknya bakteri secara cepat, hal ini dapat menimbulkan infeksi pada daerah tersebut.

Banyak makan mengandung garam.
Konsumsi garam secara berlebihan pada saat hamil akan meningkatkan resiko bengkak-bengkak pada pergelangan kaki serta tangan. Garam juga berkaitan erat dengan penyakit tekanan darah tinggi. Hal ini tentu saja sangat membahayakan bagi ibu hamil.

Terlalu sering makan manis.
Sebaiknya ibu hamil tidak sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis-manis. Rasa manis cenderung menimbulkan seseorang malas makan. Padahal ibu hamil harus banyak makan agar kebutuhan pemenuhan gizi bagi ibu dan juga janin dalam kandungan dapat terpenuhi.

Menunda makan.
Ibu hamil tidak boleh menunda makan. Karena jika perut dalam keadaan kosong yang terlalu lama, maka lambung akan memproduksi asam lebih banyak. Hal ini akan memperparah rasa mual seorang ibu hamil.

Terlalu capek.
Kondisi wanita hamil lebih lemah dari sebelum hamil. Sehingga ibu hamil akan mudah merasa capek. Jika keadaan ini terjadi terus menerus maka ibu hamil bisa pingsan.

Bermalas-malasan.
Rasa malas memang bawaan ibu hamil. Akan tetapi bukan berarti ibu hamil membiarkan dirinya bermalas-malasan. Meskipun tidak lincah cobalah tetap semangat.

Jarang minum.
Jika pada saat sebelum hamil seseorang tidak mengalami keluhan apapun meskipun jarang minum. Namun tidak bagi ibu hamil. Minum yang cukup sangat dianjurkan, hal ini berguna untuk mencegah infeksi saluran kencing juga rasa gemetaran atau dehidrasi.

Makan makanan sejenis.
Artinya makan makanan yang itu, itu saja. Jelas ini tidak dianjurkan karena dengan mengkonsumsi makanan secara bervariasi, maka ibu hamil akan terpenuhi semua kebutuhan zat gizinya.

Jajan sembarangan.
Yang dimaksud jajan sembarangan adalah kebiasaan beli makanan tanpa memperhatikan unsur zat tambahan pada makanan yang dibeli. Seperti adanya bahan pengawet, pewarna, maupun penyedap rasa. Penggunaan bahan-bahan tambahan tersebut jika melebihi ambang batasnya dapat berdampak kurang bagus bagi perkembangan bayi dalam kandungan.

Bergabung dengan
Club Bintang Anmum
Dapatkan info event terkini
Konsultasi dengan dokter ahli
Berbagi diforum dengan bunda
Informasi program terkini

Bintang Anmum
@bintanganmum